Untuk Pertama Kalinya Piala Super Eropa Dipimpin Wasit Wanita

Pada laga perebutan piala Super Eropa antara Liverpool kontra Chelsea, untuk pertama kalinya pertandingan ini dipimpin langsung oleh wasit wanita pertama di dunia, yakni Stephanie Frappart. Hal ini telah membuat sebuah sejarah baru dalam kompetisi sepakbola Eropa.

Perebutan gelar ini sendiri, berlangsung di Istanbul pada Kamis (15/8/2019) dinihari WIB. Ini menjadi sebuah sejarah besar, pasalnya untuk pertama kalinya seorang ofisial wanita memimpin pertandingan di kompetisi pria level Eropa.

Stephanie Frappart sebelumnya juga, dipercayai untuk memimpin final Piala Dunia Wanita yang saat itu mempertemukan Amerika Serikat vs Belanda di Lyon. Selain itu pun, dirinya juga dipercayai untuk memimpin semifinal Piala Eropa Wanita 2017, yang mempertemukan Belanda dengan Inggris.

Saat memimpin piala Super Eropa, Stephanie Frappart akan didampingi oleh Manuela Nicolosi dari Perancis dan Michelle O’Neal dari Republik Irlandia. Kedua asisten wasit itu sama-sama wanita dan bertugas di final Piala Dunia Wanita Juli lalu. Cuneyt Cakir dari Turki akan bertugas menjadi ofisial keempat.

“Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa potensi sepakbola wanita tidak memiliki batas. Saya senang bahwa Stephanie Frappart telah ditunjuk untuk memimpin di Piala Super Eropa tahun ini, bersama dengan asisten wasit Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neal,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.