Terbukti Bersalah, Barcelona Resmi Didenda Rp 4,6 Juta

Pihak dari Federasi Sepakbola Spanyol atau RFEF, akhirnya resmi menjatuhkan sanksi berupa denda senilai 300 euro atau sekitar Rp 4,6 juta. Hukuman ini sendiri diterima oleh Blaugrana setelah laporan Atletico Madrid terkait transfer ilegal Antoine Griezmann.

Antoine Griezmann diketahui bergabung bersama Barcelona pada musim panas 2019 kemarin. Penyerang asal Prancis ini bergabung, usai Blaugrana menembus klausul transfernya yang senilai 120 juta euro.

Akan tetapi, transfer yang dilakukan oleh Barcelona ini resmi digugat oleh pihak Atletico Madrid. Rival klub sekota Real Madrid ini mengklaim jika Blaugrana seharusnya klausul pelepasan Griezmann sebesar 200 juta euro, hal ini sesuai dengan klausul yang rilis awal.

Atletico Madrid menilai jika Barcelona dan Antoine Griezmann telah mencapai kata sepakat pada bulan Juli 2019 kemarin. Namun kedua belah pihak sengaja menunda hingga klausul rilis sang pemain yang awalnya mencapai 200 juta euro, turun menjadi 120 juta euro.

Kekecewaan ini pun membuat Atletico Madrid langsung mengambil tindakan hukum. Sementara pihak RFEF juga ikut turun tangan untuk menyelidiki kebenaran dari kasus konflik transfer ini.

Hari Kamis (26/09/2019) ini, pihak RFEF sudah mengambil keputusan. Mereka memutuskan bahwa Barcelona hanya akan didenda karena dianggap sudah melanggar peraturan dalam transfer tersebut.

Namun yang menjadi pernyataan adalah jumlah sanksi denda yang diterima Barcelona dianggap terlalu kecil. Sementara pihak RFEF juga resmi memberikan pernyataan terkait sanksi denda ini dan menjelaskan terkait hal ini.

“Tentunya hukuman denda ini terkait jumlah sanksi ekonomi yang tidak sebanding dengan pentingnya fakta yang telah menjadi awal munculnya permasalahan ini,”ungkap dari pernyataan resmi RFEF.

“Setelah adanya banyak pertimbangan, tentunya komite menyadari bahwa pembayaran 300 euro, di luar sifat simbolisnya, ini hanya untuk menjadi peringatan agar dapat menyesuaikan setiap klub dengan peraturan yang sudah diatur ini,”tutup pernyataan RFEF.

Sementara itu, RFEF juga sempat menjatuhkan sanksi larangan membela Barcelona sebanyak dua laga untuk Antoine Griezmann. Namun pada akhirnya pihak RFEF malah tak jadi memberikan hukuman.