Taklukan Portugal, Ukraina Lolos ke Putaran Final Euro 2020

Timnas Ukraina berhasil untuk tampil luar biasa pada ajang kualifikasi Piala Eropa 2020. Menariknya, lolosnya Ukraina ke putaran final terjadi, usai mengangkangi juara bertahan Portugal.

Timnas Ukraina sejak awal kualifikasi memang tampil impresif. Hal ini terlihat mereka mengimbangi Portugal tanpa gol sejak awal Maret kemarin, kemudian mantap menyapu bersih laga selanjutnya.

Timnas Ukraina dalam ajang kualifikasi cuma satu kali kebobolan, serta mencetak 13 gol. Hal ini juga membuat Ukraina mampu memperlebar jarak poin yakni lima poin atas Portugal, sebelum keduanya bertemu di Olympiyskiy Stadium, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.

Namun dalam pertemuan kedua tim dalam ajang kualifikasi, Timnas Ukraina mampu menaklukan Portugal hingga menambah torehan poin menjadi 19 dari tujuh laga. Hasil ini pun yang akhirnya membuat Ukraina mampu untuk lolos ke putaran final Euro 2020.

Timnas Ukraina sendiri unggul delapan poin dari Portugal di posisi kedua dan sembilan angka dari Serbia di posisi ketiga. Dengan dua laga tersisa, Ukraina tak lagi terkejar dan Portugal serta Serbia akan berebut satu tiket tersisa.

Ini pun menjadi titik kebangkitan Ukraina setelah sebelumnya gagal untuk lolos ke Piala Dunia 2018 kemarin. Hal ini ditambah dalam ajang kualifikasi, Ukraina tidak diunggulkan dan segrup dengan Portugal serta Serbia yang dianggap lebih diunggulkan.

Ukraina sendiri memang banyak ditopang oleh para pemain yang sukses membawa negaranya menjuarai Piala Dunia U-20 kemarin. Kini lolosnya Ukraina, mengikuti jejak dari Belgia, Rusia, dan Polandia yang sebelumnya juga memastikan langkah untuk lolos ke putaran final Euro 2020.