Setelah 1979 Tahun, Laga Iran Bisa Disaksikan Oleh Perempuan

Wanita yang berasal dari negara Iran akhirnya bisa berkesempatan untuk menonton sepakbola secara langsung. Mendapatkan dukungan dari kaun hawa, Timnas Iran langsung menang telak 14 gol atas Timnas Kamboja.

Timnas Iran untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir ditonton oleh perempuan secara langsung di stadion saat menjalani laga kandang. Hal itu terjadi saat mereka menghadapi Kamboja di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (10/10/2019) malam WIB dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal ini tak terlepas dari pemerintahan Iran yang telah mencabut larangan terkait wanita atau perempuan yang akan hadir di stadion, peraturan ini sudah berlaku sejak tahun 1979. Sementara keputusan untuk mencabut larangan ini tak terlepas dari kasus seorang gadis bernama Sahar Khodayari membakar diri pasca menonton sepakbola menyeruak.

Terkait penghapusan aturan ini pun disambut begitu antusias oleh kaum perempuan dari negara Iran. Menurut laporan dari AFP, setelah peraturan ini dihapus ada sekitar 3500 perempuan yang hadir ke stadion saat Timnas Iran berhadapan dengan Timnas Kamboja.

Kehadiran kaum hawa melecut semangat Team Melli untuk tampil luar biasa di laga ini.Pasukan Marc Wilmots melumat tamunya dengan skor sangat mencolok 14-0.

Sementara kemenangan bagi Timnas Iran ini pun membuat mereka berhasil memuncaki klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas asal Timur Tengah ini berhasil untuk unggul dua angka dari tetangga nya, yakni Irak yang berada di posisi runner up.