Sassuolo Tim dengan Nilai Sponsor tertinggi Serie A

Secara mengejutkan Sassuolo menjadi tim dengan nilai sponsor tertinggi dalam kompetisi Serie A. Tim dengan julukan I Neroverdi mampu mengalahkan tim
raksasa seperti Juventus, AC Milan dan Inter Milan.

Hal ini dilansir oleh media dari Italia, yakni Gazzetta Dello Sport yang merilis daftar nilai sponsor termahal dari 20 tim yang berada di kompetisi Serie A musim 2019/2020. Diketahui keseluruhan tim menerima 116 juta euro (Rp 1,8 triliun) mengalir ke klub Serie A dari kesepakatan pemasangan sponsor di seragam mereka.

Tim-tim papan atas yang punya basis pendukung terbesar, diketahui mendominasi dalam daftar lima besar. Menariknya, kejutan malah hadir dengan tim sekelas Sassuolo yang berada di peringkat pertama dan mempunyai nilai sponsor tertinggi diantara tim-tim lain.

I Neroverdi diketahui mendapatkan keuntungan sebesar 18 juta euro per tahun (Rp 284 miliar) dari sponsor utamanya, yakni Mapei. Diketahuui bahwa sponsor Mapei merupakan perusahan yang dimiliki langsung oleh Presiden Sassuolo, yakni Giorgio Squinzi.

Diketahui dengan sponsor Mapei ini, Sassuolo harus mengubah nama markas mereka sesuai dengan perjanjian yang ada dalam kontraknya. Nama Stadion yang awalnya bernama Citta Del Tricolore, harus berubah nama menjadi Mapei Stadion.

Sementara posisi kedua diduduki oleh Juventus dengan kerjasamanya dengan sponsor Jeep, dengan nilai kontrak mencapai 17 juta euro per tahun nya. Nama perusahaan otomatif terbesar di Amerika Serikat ini, diketahui terpampang dalam jersey La Vecchia Signora hingga tahun 2021 mendatang.

AC Milan dan AS Roma berbagi tempat di posisi ke-3 dan 4. Kedua tim ini sama-sama memiliki nilai sponsor di seragam mereka sebesar 14 juta euro per tahun (Rp 220 miliar).

Kedua tim tersebut, yakni AC Milan dan AS Roma memang memiliki sponsor yang merupakan sebuah perusahaan penerbangan yang berasal dari Timur Tengah . I Rossonerri diketahui menjalin kerjasama dengan Fly Emirates, sementara II Luppi menjalin kerjasaman dengna Qatar Airways.

Posisi kelima dalam daftar ini, dilengkapi oleh Inter Milan. Kerjasama yang terjadi dengan sponsor Pirelli membuat I Nerazzurri menerima kucuran dana mencapai 10,5 juta euro per tahun nya.

Pirelli memang sudah begitu melekat dengan Inter Milan. Perusahaan yang bergerak di bidang ban ini sudah menempel di seragam I Nerazzurri sejak 1995, kesepakatan kedua pihak ini tidak pernah terputus dan masih menjalin kerjasama hingga saat ini.