Resmi, Piala Super Spanyol 2020/2022 Akan Digelar di Arab Saudi

pada gelaran Piala Super Spanyol mendatang, ada yang tidak biasa dalam pagelaran tersebut. Hal ini karena turnamen tersebut, resmi digelar di negara Arab Saudi selama tiga musim kedepan.

Diketahui bahwa pagelaran dari kompetisi Piala Super Spanyol selalu digelar dinegaranya. Namun kali ini RFEF membuat keputusan untuk mengelar di negara Timur Tengah, dan ini untuk ambisi Spanyol mengelar Piala Dunia 2030 mendatang.

“Piala Super Spanyol akan digelar di Arab Saudi selama tiga tahun ke depan dan akan digelar di musim dingin dengan tujuan mengurangi kepadatan jadwal, seperti yang selama ini diserukan para pemain dan klub,” bunyi pernyataan RFEF dilansir Reuters.

“Internasionalisasi kompetisi itu akan meningkatkan nilai kompetisinya sendiri dan sekaligus berkontribusi meningkatkan visibilitas kami dan meningkatkan citra kami menjelang tawaran kami untuk menggelar Piala Dunia 2030.”

Terkait kesepakatan yang telah terjalin, pihak RFEF menolak untuk mengungkapkan nilai kesepakatan dengan pihak otoritas Arab Saudi terkait penelenggaran Piala Super Spanyol. Namun menurut dari kabar dari ABC media, mengklaim jika RFEF akan mendapatkan 35-40 juta Euro per tahun untuk kerjasama dengan negara Timur Tengah tersebut.

Sementara format Piala Super Spanyol akan berubah, karena tidak akan sekadar mempertemukan juara Liga Spanyol dengan juara Copa del Rey. Mulai 2020, Piala Super Spanyol diikuti empat tim, yaitu Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Valencia yang akan ditentukan melalui undian.