Pemain Barcelona Mulai Tersingkir Dari Timnas Spanyol

Para pemain-pemain Barcelona mulai tersingkir dan kesulitan untuk bisa menembus tim inti timnas Spanyol. Blaugrana tak lagi melahirkan pemain-pemain asli Spanyol, seperti sempat dilakukan dahulu kala.

Hal ini dapat dilihat dari timnas Spanyol beberapa tahun lalu. Kala itu, di era kejayaan Xavi-Iniesta, timnas Spanyol justru dipenuhi pemain-pemain Blaugrana dengan taktik tiki-taka.

Menurut Sport, Spanyol sebenarnya sudah mulai berevolusi sejak Piala Dunia 2014 lalu. Gaya bermain Spanyol tak lagi meniru Barcelona sepenuhnya, mereka bermain lebih luwes dan fleksibel, tergantung pada permainan lawan.

Pada 12 Oktober 2015, hampir empat tahun lalu, Vicente del Bosque menurunkan skuad Spanyol tanpa satu pun pemain Barcelona. Melawan Ukraina, laga itu sebenarnya tidak berarti, Spanyol sudah pasti lolos ke Euro 2016.

Tiga tahun berselang, hal yang sama terulang. Luis Enriquem pada 11 Oktober 2018, menurunkan tim Spanyol melawan Wales tanpa satu pun pemain Barca. Kini, tidak lama berselang, Roberto Moreno menurunkan tim tanpa pemain Blaugrana dan terlihat dimana mereka berhadapan dengan Kepulauan Faroe di kualifikasi Euro 2020, Senin (9/9/2019).

Tanpa pemain-pemain yang bersinar di tim inti Barcelona, sulit bagi mereka untuk menembus tim Spanyol. Moreno sebenarnya mengenali pemain-pemain muda Blaugrana, tapi tetap saja dia hanya bisa memilih pemain yang punya pengalaman di level senior.