Mignolet Akui Peran Besar Van Dijk Dalam Menguatnya Pertahanan Liverpool

agrabet – Penjaga gawang Liverpool Simon Mignolet menyebutkan Virgil Van Dijk mempunyai peranan yang besar sekali dalam solidnya pertahanan The Reds musim ini.

Semenjak dibeli dari Southampton pada Januari 2018 lantas, Van Dijk langsung jadi pilar andalan Liverpool. Bek asal Belanda ini membuat pertahanan The Reds jadi tambah lebih kuat dari mulanya.

Musim ini, pertahanan Liverpool justru jadi yang terunggul di liga. Selama ini mereka hanya kebobolan 13 barangkali dari 23 laga.

Liverpool juga dibantunya bertahta di puncak klassemen EPL saat ini. The Reds pun berkesempatan besar untuk jadi juara. Keadaan ini berbanding terunggul dengan scuad Liverpool pada musim 2013-14. Waktu itu The Reds memang tampil tajam namun mereka demikian keropos di belakang.

Mignolet menjelaskan yang memperbedakan Liverpool waktu itu dengan musim ini ialah hadirnya Van Dijk. Dia dapat memberi pergantian besar dengan ciri-ciri serta jiwa kepemimpinannya.

“Saya fikir sejumlah besar dari [peningkatan] itu ialah Virgil van Dijk. Semenjak dia masuk dia membuat ketidaksamaan besar,” pujinya pada Liverpool Echo.

“Ini tidak cuma potensi bermainnya tapi ciri-ciri serta kepemimpinan yang dia kirimkan dari belakang. Ini begitu penting saat Anda bermain menantang team seperti Brighton serta Crystal Palace belakangan ini,” katanya.

“Ini ialah desakan yang dia kontrol dengan sapuan tandukannya. Dia tetap membuat tampak begitu gampang. Suatu yang begitu susah buat orang yang lain, seperti dikerjakan dengan gampang oleh Virgil. Dia membuat kita tambah lebih solid dari mulanya,” sengit Mignolet. Awal mulanya, style kepemimpinan Van Dijk yang vokal membuat disamakan dengan salah satunya legenda Liverpool di posisi pertahanan, Jamie Carragher. Perihal ini dicetuskan oleh John Barnes.

“Saat Anda lihat Van Dijk serta saat Anda lihat Liverpool, pada dasarnya mereka tidak mempunyai pemimpin semacam itu semenjak Jamie Carragher,” papar Heskey pada Sky Sports.

“Dia [Carragher] adalah pemain yang begitu dapat memberi komando di pertahanan. Dia pemain yang begitu menonjol.”

“Dia dapat pimpin orang sekitranya. Saat ini Van Dijk hadir serta kelihatannya adalah orangnya,” ujarnya.