Kiprah Klub Norway City Dalam Dunia Sepakbola

kiprah klub sepakbola Norwich City FC

Agrabet.com – Norwich City Football Club adalah salah satu klub sepakbola professional di Inggris. Bermarkas di Norwich, Norfolk, baru-baru ini Norwich City FC di Liga Championship. Walau masih baru di ajang Liga Utama Inggris, keberadaan klub sepakbola ini cukup diperhitungkan. Tim ini tampil cukup mengesankan di Liga Inggris. Berikut kiprah klub sepakbola Norwich City FC dalam perjalannya di dunia sepakbola Eropa.

Selain Middlesbrough FC, Norwich City FC juga merupakan salah satu klub yang masuk dalam anggota penggagas Liga Premier. Kiprah klub sepakbola Norwich City FC dalam perjalannya, klub sepakbola ini memiliki julukan The Canaries. Hal ini dikarenakan warna seragam Norwich City yang berwarna kuning dan hijau. Selain itu julukan ini disematkan karena popularitas burung Kenari di kotanya pada saat itu. Klub ini bermarkas di Stadion Carrow Road yang berkapasitas 26.164 penonton.

Kiprah klub sepakbola Norwich City FC dari masa awal berdirinya adalah hal yang menarik untuk di ikuti. Berdiri tepatnya pada tanggal 17 Juni 1902, klub ini mulai terbentuk di sebuah Cafe. Klub ini pertama kali mengubah status amatirnya menjadi professional pada tahun 1905. Norwich City bertanding untuk pertama kalinya pada tanggal 6 September 1902 di stadion Newmarket Road dengan lawan Harwich & Parkeston. Lagu fans Klub Norwich City adalah “On the Ball, City” yang  sekaligus menjadi lagu sepakbola tertua di dunia

Kiprah klub sepakbola Norwich City FC masih diperhitungkan sampai saat ini. Norwich baru berhasil berada di jajaran atas  di dunia sepakbola Inggris pada musim 1971/72. Setahun kemudian  mereka berhasil tampil di stadion Wembley pada ajang Piala Liga.untuk pertama kalinya. Walaupun langkahnya kemudian dihentikan Klub Tottenham Hotspur dengan skor 1-0. Salah satu prestasi yang berhasil diraih  Norwich City FC adalah memenangkan League Cup dua kali yaitu pada tahun 1962 dan 1985.

Kiprah klub sepakbola Norwich City FC pada masa kejayaannya adalah di musim 1984/85. Pada periode ini mereka memenangkan Piala Liga.  Meski terdegradasi ke divisi satu., keberhasilan ini menjadi kenangan sekaligus menjadikan Norwich klub Inggris pertama yang berhasil menjuarai piala pada musim yang sama. The Canaries juga sempat mengalahkan Klub Bayern Munich di Piala UEFA walaupun kemudian harus menerima kekalahan dari Aston Villa.

Kiprah klub sepakbola Norwich City FC pada masa keterpurukan adalah saat klub ini tidak dapat tampil di kompetisi Eropa karena adanya Tragedi Heysel. Selain itu, gagalnya The Canaries mencapai babak akhir juga menjadi kenangan buruk bagi Norwich City. Walaupun sempat mendominasi liga di babak awal, mereka harus menerima kekalahan dan hanya berada pada posisi ketiga setelah Manchester United dan Aston Villa. Walaupun kiprah klub sepakbola Norwich City FC dalam dunia sepakbola mengalami pasang dan surut, klub ini masih membuktikan eksistensinya hingga saat ini.