Debut Pada Usia 16 Tahun, Ansu Fati Lewati Rekor Dari Messi

Dalam pertandingan Barcelona vs Real Betis pada jornada kedua La Liga musim 2019/2020, Senin (26/8/2019) dini hari menjadi momen indah bagi Ansu Fati. Pasalnya, pemain didikan asli Blaugrana ini debut perdana di usia yang baru menginjak 16 tahun.

Dalam laga ini pun, sejatinya menjadi milik bagi penyerang baru Barcelona yakni Antoine Griezmann. Pemain asal Prancis ini menjadi bintang kemenangan timnya setelah dua gol dan satu assitnya membawa kemenangan telak Blaugrana dengan skor 5-2.

Namun di balik cerita heroik Griezmann, ada cerita yang tidak kalah indah dari Ansu Fati. Pemain kelahiran Guinea-Bissau tersebut tampil mulai menit ke-78. Dia dimasukkan untuk menggantikan Carles Perez.

Pertandingan Real Betis merupakan debut perdana bagi Ansu Fati, dirinya memulai debut di usia 16 tahun sembilan bulan dan 15 hari. Bahkan debutnya mengalahkan Lionel Messi kala pertama kali memulai debut bersama Blaugrana.

Ansu Fati kini tercatat sebagai pemain kedua paling muda yang menjalani debut perdana di tim senior Barcelona. Sementara rekor debut muda dari lionel Messi berhasil untuk dilewati pemain kelahiran dari Guinea-Bissau.

Lionel Messi saat pertama kali menjalani debut pada usia 17 tahun tiga bulan 26 hari. Sementara Ansu Fati hanya kalah dari Vincente Martinez yang menjalani debut pada usia 16 tahun sembilan bulan dan tujuh hari pada tahun 1941 silam.

Menariknya dalam debut perdana nya menghadapi Real Betis, Ansu Fati mendapatkan kejutan lain. Lionel Messi yang masih absen karena cedera, tiba-tiba menghampirinya, kemudian memberikan pelukan dan ucapan selamat kepada Fati atas penampilan perdana nya.

Meskipun cuma tampil selama 12 menit saja, namun debutnya akan selalu dikenangnya. Penampilan singkatnya sangat menegangkan dalam hidupnya, momen itu pun sangat sulit dituangkan pemain berusia 16 tahun ini dengan rangkaian kata-kata.