CONMEBOL Respon Tudingan Messi Soal Korupsi Copa America 2019

Penyerangan andalan sekaligus kapten bagi Timnas Argentina, yakni Lionel Messi sempat mengeluarkan pernyataan yang menuding jika kompetisi Copa America 2019 sarat dengan korupsi dan kecurangan. Namun tak berselang lama, pihak resmi dari kompetisi tersebut yakni konfederasi sepakbola Amerika Selatan atau CONMEBOL langsung merespons turdingan tersebut.

Tuduhan kontroversial yang diungkapkan langsung oleh Lionel Messi terjadi setelah Timnas Argentina meraih tempat ketiga klasemen setelah menaklukan Chile dengan skor 2-1. Dalam laga perebutan posisi ketiga, Messi tidak bisa menuntaskan laga setelah kartu merah yang harus diterima nya setelah berselisih dengan lawan dari Chile, yakni Gary Medel.

Akibat insiden tersebut, pemain terbaik didunia ini pun menolak untuk mengambil jatah medali perunggunya. Tak sampai disitu saja, La Pulga julukan bagi Lionel Messi sempat mengeluarkan pernyataan terhadapa Copa America 2019 yang sarat dengan kecurangan, serta mengatur agar Brasil bisa keluar sebagai pemenangan kompetisi tersebut.

Tak berselang setelah tudingan tersebut, melalui situs resmi nya CONMEBOL langsung merespon apa yang diungkapkan Lionel Messi. Pihak kompetisi tersebut langsung membantah tudingan tersebut, serta menilai jika tudingan ini seperti sebuah sikap tidak menghormati.

“Dalam kompetisi sepakbola pasti ada yang menang dan juga ada yang kalah, tentunya kita harus menerima hasil semua pertandingan dengan lapang dada dan respek karena sesuai dengan pilar fundamental dari Fair Play. Ini pun sama seperti menghormati dari keputusan wasit, meskipun ada yang salah namun wasit juga manusia biasa dan tidak mungkin sempurna,”

“Tidak bisa diterima karena insiden-insiden terkait kompetisi, di mana ada 12 negara yang bersaing, semuanya dalam kondisi yang sama, ada tuduhan-tuduhan tidak berdasar yang salah dalam menggambarkan kebenaran dan menghakimi integritas Copa America.”

“Tuduhan-tuduhan seperti itu berarti kurang menghormati kompetisi ini, seluruh pesepakbola terkait, dan ratusan tenaga profesional di CONMEBOL, insitusi yang sejak 2016 tidak lelah bekerja untuk terus transparan, profesional, dan mengembangkan sepakbola Amerika Selatan.”

Dalam kompetisi ini pun, diketahui telah memasuki dari laga puncak. Tuan rumah Brasil mampu masuk kebabak final bersaing dengan Peru dalam perebutan gelar juara yang berlangsung di Maracana, Senin (8/7/2019) dinihari WIB.