Beri Penghormatan, Barcelona Resmikan Patung Johan Cruyff

Belum lama ini Barcelona meresmikan sebuah patung dan didedikasikan untuk mendiang Johan Cruyff. Sementara patung ini sendiri diresmikan di markas kebesaran dari Blaugrana, yakni Camp Nou.

Peresmian patung untuk mendiang Cruyff dilakukan, Senin (26/8/209), di markas Barcelona. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, hadir dalam peresmian itu. Peresmian ini sendiri dihadiri langsung oleh keluarga dari Cruyff yang terdiri dari istri, serta kedua anaknya.

Patung setinggi 3,5 meter itu menampilkan sosok Cruyff yang tengah mengenakan kostum Barcelona dengan nomor punggung 9. Monumen ini berlokasi di depan pintu masuk tribun utama Stadion Camp Nou.

“Patung ini tentunya untuk menjadi pengingat bagi Johan Cruyff, dan serta apa yang telah diberikan kepada klub. Dia adalah sejarah penting bagi Barcelona, baik secara hakiki maupun sentimen,”ungkap dari Bartolomeu dalam peresmian patung tersebut.

Johan Cruyff diketahui merupakan mantan pemain Barcelona di era 1970-an, serta pernah menjabat sebagai manajer Los Cules dari tahun 1988 hingga 1996. Ia adalah peletak dasar filosofi sepakbola Blaugrana, serta bertanggung jawab dalam pengembangan akademi tersohor La Masia.

Cruyff merupakan tokoh sentral dalam permainan menyerang Total Football di Belanda pada era 1970-an. Taktik tersebut kemudian diadopsi oleh Barcelona selama masa baktinya sebagai pemain dan pelatih di Camp Nou, hingga kini bertransformasi menjadi gaya bermain Tiki-taka.

Johan Cruyff merupakan pelatih paling sukses milik Barcelona, 11 trofi juara mampu diraihnya. Dirinya juga berjasa besar kala pertama kalinya menbawa Blaugrana menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya, dan itu terjadi di tahun 1992 silam.