Bastian Schweinsteiger Resmi Gantung Sepatu

Salah satu gelandang terbaik Timnas Jerman, yakni Bastian Schweinsteiger akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu. Pemain yang telah berusia 35 tahun ini resmi pensiun di tahun 2019 ini usai kontraknya berakhir bersama klub asal MLS (Major League Soccer), Chicago Fire.

Lewat akun Instagram pribadinya, Schweinsteiger mengumumkan keputusan pensiun dari dunia sepakbola profesional. Dalam konfirmasinya, suami mantan petenis nomor satu dunia, Ana Ivanovic, mengucapkan kalimat perpisahan kepada seluruh fans dan ucapan terima kasihnya.

“Untuk seluruh fans saya, saya ingin menyatakan bahwa waktu saya sudah tiba. Tahun ini pun menjadi akhir dari karir saya sebagai pesepakbola profesional,”bunyi pernyataan Bastian Schweinsteiger melalui akun Instagramnya.

Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola, Scweinsteiger memang bisa dibilang sebagai salah satu pemain produk akademi Bayern Munchen yang paling sukses. Bersama Die Roten, dirinya mendulang banyak prestasi dan memegang peran penting saat meraih gelar Treble Winners di tahun 2013 (Champions League, Bundesliga, dan DFB Pokal).

Setelah 13 musim kebersamaan nya bersama Bayern Munchen, Schweinsteiger memutuskan untuk bergabung bersama Manchester United. Namun karirnya tidak berjalan begitu mulus, meskipun berhasil mengantar The Red Devils meraih gelar juara Piala FA.

Gagal bersinar bersama Manchester United, Schweinsteiger akhirnya hijrah ke Amerika Serikat dan merapat ke klub Major League Soccer (MLS), Chicago Fire. Setelah tiga musim membela Chicago Fire, Schweinsteiger akhirnya memutuskan diri untuk mundur dari dunia yang membesarkan namanya.

Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola profesional, Schweinsteiger telah mencatakaan total 663 laga di level klub dengan membuat 80 gol serta 113 assist.

Sementara di level timnas pun, eks pemain Bayern Munchen ini mampu membawa Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2006 dan 2010. Sementara Piala Eropa, suami dari mantan petenis Ana Ivanovic itu membawa Jerman menjadi runner up pada 2008. Total, Schweinsteiger punya caps 121 dan 24 gol saat berkostum Die Mannschaft.